2017-04-30

WORKING GROUP - KULINARI

Working Group Kulinari IDN-Global (WG-K IDN-G) dibentuk pada bulan April 2018 dan mempunyai anggota sukarelawan dari bermacam negara yang meliputi berbagai benua.

WG ini merupakan kelompok kerja dari Pengurus IDN-Global periode 2017-2019 dan memiliki misi untuk memberi peran terhadap kuliner Indonesia di panggung internasional dengan menggabungkan semua stakeholders; baik pemerintah, perdagangan, pariwisata akan tetapi juga restoran dan pendidikan.

WG ini dipimpin oleh seorang Chair, Renu Lubis dan bertanggungjawab kepada VP Working Group IDN-Global yaitu Basuki Priyanto dan Izaakh Lie. Bicara mengenai Diplomasi Kuliner kita sering melirik ke Thailand yang bisa dikatakan sebagai salah satu world’s best practice dengan program “Thai kitchen to the world”, akan tetapi kita lupa jika Thailand dengan program ini mempunyai program yang sangat solid dan didukung secara penuh (baik info dan dana) oleh pemerintah. Dengan tujuannya yang sangat ambisius, yaitu mendongkrak jumlah resto Thailand di luar negeri dari sekitar 6.900 pada tahun 2003 menjadi 20.000 pada tahun 2008.

Sebagai negara yang memiliki keanekaragaman budaya yang tinggi, Indonesia memiliki ragam kuliner yang sangat kaya dan perlu dieksplorasi lebih jauh agar dapat menembus pasar global. Beberapa tahun belakangan ini baik Kementerian Luar Negeri maupun Kementerian Pariwisata (Kempar) gencar melakukan diplomasi kuliner ke berbagai negara dengan tujuan mempromosikan Indonesia pada masyarakat global melalui kuliner yang khas, bahkan Kempar mendirikan restoran Wonderful Indonesia. Sejauh mana sampai sekarang efektivitasnya? Apakah kita memerlukan program seperti Thailand?

Bagi yang tertarik dengan topik ini dan berminat untuk menjadi sukarelawan WG - Culinary IDN Global, silahkan mendaftarkan diri di alamat email berikut: renu.lubis@gmail.com.

2018-11-30

Newsletter IDN Global edisi November 2018

2018-10-04

Newsletter IDN Global edisi September 2018

2018-06-05

"Merancang Visi Indonesia 2045"

Indonesian Diaspora Network Global (IDN-Global) akan menyelenggarakan “CONFERENCE OF INDONESIAN DIASPORA YOUTH” (CIDY-2018) pada tanggal 13-15 Agustus 2018 di Jakarta. Konferensi ini bertujuan untuk mempertemukan pemuda-pemuda diaspora…

2018-05-15

Surat pernyataan sikap IDN-Global atas aksi terorisme di Mako Brimob dan Surabaya

Pernyataan Sikap Indonesian Diaspora Network Global atas aksi terorisme di Surabaya

2018-05-15

IDN Manila bahas baik dan buruk Tenaga Kerja Asing untuk Indonesia

IDN Manila kembali menggelar Forum Diaspora Berbagi yang kali ini membahas baik dan buruk Tenaga Kerja Asing (TKA) di Indonesia. lihat selengkapnya
2018-04-30

Newsletter IDN Global edisi April 2018

Salam Diaspora!

 

2017-10-10

Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN)

Salam Diaspora!


Teman- teman Diaspora yang budiman dimanapun berada,
Menyambung Q&A pertama seputar Kartu Diaspora yang digagas oleh Executive Board IDN Global (IDNG)…

2017-04-30

WORKING GROUP IMIGRASI & KEWARGANEGARAAN

“Rangkul dan perlakukanlah kami yang tersebar di manca negara sebagai anak-anak bangsa” Working Group Imigrasi dan Kewarganegaraan IDN-Global (WG-IK IDN-G) dibentuk pada tanggal 17 Maret 2018, yang saat ini beranggotakan 15 orang sukarelawan. Mereka…
2017-04-30

WORKING GROUP - KULINARI

Working Group Kulinari IDN-Global (WG-K IDN-G) dibentuk pada bulan April 2018 dan mempunyai anggota sukarelawan dari bermacam negara yang meliputi berbagai benua.

WG ini merupakan kelompok kerja dari Pengurus IDN-Global periode 2017-2019…

2017-02-06

William Wongso Kenalkan Kuliner Indonesia di Perancis

Dalam upaya memperkenalkan keanekaragaman Indonesia, sejarah bangsa dan konsep “nationhood” kepada putra-putri diaspora Indonesia di Manila, IDN-Manila menyelenggarakan acara “Mengenal Indonesia” yang terdiri dari tiga sessi…

Deklarasi Diaspora Indonesia

Kami diaspora Indonesia.

 

 

Kami tersebar di lima benua, terdiri dari warganegara Indonesia dan warga bangsa-bangsa dunia yang berketurunan Indonesia. Kami merupakan komunitas-komunitas yang besar dan beragam dan terikat oleh tali hubungan dan rasa kecintaan terhadap Indonesia. Kami terdiri dari para profesional, buruh, perawat, awak kapal, insinyur, arsitek, guru, mahasiswa, politikus dan aktivitis, artis, wiraswasta, inovator, atlit, pemuka agama, pemuda, ibu rumah tangga dan banyak lagi.

 

Kami berkumpul di Los Angeles untuk menumbuhkan dan mengembangkan persaudaraan dengan diaspora Indonesia di seluruh dunia, dan untuk menghubungkan sesama diaspora guna memperbaharui dan memperkuat keterikatan dengan Indonesia. Dengan ini kami menyatakan: Kami bertekad untuk membangun sebuah komunitas global diaspora Indonesia. Untuk tujuan ini, kami membentuk Indonesian Diaspora Network. Kami bertekad untuk bersinergi dengan Indonesia. Menjawab himbauan pemerintah kepada Kongres, dan diperkuat oleh kehadiran anggota parlemen, pemimpin masyarakat madani dan wiraswasta Indonesia, kami siap dan berkomitmen untuk mengembangkan kemitraan dan kerjasama yang dinamis untuk kesejahteraan bersama dengan Indonesia. Kami berbesar hati dengan kemajuan demokrasi, ekonomi, posisi internasional Indonesia dan budaya Indonesia yang semakin men-dunia, dan kami percaya bahwa Indonesia akan mengatasi tantangan yang masih ada, seperti memajukan kesejahteraan umum, meningkatkan good governance, dan menegakkan hukum.

 

Kami menaruh harapan tinggi pada masa depan cerah Indonesia yang penuh potensi, dan kami terus percaya pada nilai-nilai Indonesia terbaik : toleransi dan harmoni, bhineka tunggal ika, pluralisme, dan tradisi yang menghormati lingkungan. Kami berpandangan bahwa warisan nilai-nilai yang penuh kearifan ini perlu selalu dilestarikan karena tanpa ini Indonesia akan kehilangan makna. Kami akan berupaya keras untuk bersama-sama melestarikan nilai-nilai tersebut. Kami meyakini bahwa abad ke-21 akan menjadi abad terbaik untuk Indonesia. Untuk memenuhi harapan ini, Indonesia harus percaya diri, adaftif, terbuka pada ide-ide baru, meritokratis, dan secara cerdas mengelola kekayaan sumber daya alam, sumber daya manusia dan warisan budayanya. Diaspora Indonesia akan menjadi penghubung (HUB) untuk gagasan, solusi, sumber-daya dan jaringan guna membangun kesejahteraan bersama, dan kami akan menjadi suatu kekuatan untuk perdamaian dan kemajuan. Kami akan mempromosikan budaya Indonesia. Kami akan menyebarluaskan visi ini dan bekerjasama dengan komunitas diaspora Indonesia lainnya, dan akan berupaya untuk terus tumbuh bersama dan membantu satu sama lain. Ini merupakan babak baru bagi Indonesia, dan diaspora Indonesia. Kami mengundang semua diaspora Indonesia untuk maju bersama kami.

 

 

 

Los Angeles, 8 Juli 2012