Congress of Indonesian Diaspora 6

Pandemi Covid-19 telah membawa berbagai perubahan di dunia. Di Indonesia, Covid-19 telah menjangkiti lebih dari 3 juta orang sejak kasus pertama diumumkan pada bulan Maret 2020 dan setidaknya 90.552 orang meninggal dunia (Berdasarkan data www.covid19.go.id per 30 Juli 2021). Penyebaran virus yang cukup signifikan di masyarakat ini juga turut berdampak besar terhadap berbagai sektor mulai dari kesehatan, ekonomi, pendidikan, politik, sosial hingga pariwisata. Sehingga berbagai upaya pun dilakukan pemerintah khususnya dalam menekan laju penyebaran Covid-19 termasuk dengan pembatasan kegiatan masyarakat maupun dengan meningkatkan vaksinasi agar Indonesia bisa segera terbebas dari Covid-19.

Dengan latar belakang ini, Indonesian Diaspora Network (IDN) Global) akan menyelenggarakan Congress of Indonesian Diaspora 6 (CID-6) dengan tema “Post Covid-19: A Stronger Indonesia with Diaspora” pada hari Sabtu 14 Agustus 2021 secara virtual pada pukul 09.00-21.00 WIB. Melalui penyelenggaraan CID-6 ini, IDN Global akan mempertemukan Diaspora Indonesia yang berasal dari berbagai negara dan berbagai lapisan masyarakat untuk memberikan sumbangsih pemikiran kepada publik di tanah air sekaligus berdiskusi dengan para pemangku kepentingan terkait, terutama pembuat kebijakan di Indonesia melalui ruang virtual tentang upaya agar Indonesia bisa bangkit, pulih kembali dan bahkan semakin kuat paska pandemi. Adapun para pembicara yang akan hadir di antaranya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Managing Director of Development Policy and Partnership World Bank Mari Elka Pangestu, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko, Peneliti di Universitas Jyvaskyla Finlandia Ratih Adiputri, Tim Riset Vaksin AstraZeneca Indra Rudiansyah dan masih banyak yang lainnya.

“Tema CID-6 ini kami ambil karena kami yakin bahwa Indonesia akan lebih kuat dan lebih baik paska Covid-19 dengan partisipasi dan kontribusi aktif dari berbagai elemen masyarakat termasuk diaspora Indonesia.” ujar Presiden IDN Global Said Zaidansyah.

Sementara itu Chairman Board of Trustee IDN Global Dino Patti Djalal mengatakan bahwa selama krisis Covid-19 komunitas diaspora Indonesia di seluruh dunia terus memberikan dukungan moril, materil dan finansial bagi sesama warga Indonesia di tanah air.

“Covid-19 terbukti menjadi momen solidaritas bagi komunitas diaspora terhadap tanah air. Dan spirit ini akan terus kami bawa ke dalam penyelenggaraan CID-6”, imbuh Dino Patti Djalal.

VP Human Capital IDN Global sekaligus Koordinator Public Relation CID-6 Salut Muhiddin mengatakan acara Congress of Indonesian Diaspora yang digelar setiap dua tahun sekali ini menjadi salah satu kegiatan rutin IDN Global sebagai penghubung antar diaspora Indonesia di seluruh dunia dengan tanah air.

“Acara dua tahunan CID ini merupakan bentuk konsistensi dari IDN Global untuk tetap “Connecting The Dots” menjadi penghubung antara sesama diaspora dan juga diaspora dengan masyarakat publik di tanah air serta para pemangku kebijakan. Harapannya adalah kita dapat bersinergi bersama-sama dalam membangun Indonesia,” imbuh Salut.

Kongres diaspora yang digelar secara virtual ini ditargetkan akan diikuti sekitar 10.000 peserta, baik oleh publik dari tanah air maupun di luar negeri. Selain menggelar acara seminar dengan tema dan para pembicara yang pakar di bidangnya, CID-6 juga akan (i) menampilkan hiburan dari talenta Diaspora Indonesia; (ii) menayangkan ajang showcase komunitas Diaspora Indonesia dari berbagai benua; serta (iii) mengadakan forum terbuka antara Diaspora Indonesia dari seluruh penjuru dunia, para pembuat kebijakan di Indonesia, dan publik di tanah air.

Kongres ini terbuka untuk umum dan gratis. Proses registrasi dapat dilakukan melalui laman resmi CID-6 di congress.diasporaindonesia.org. Untuk koordinasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan CID-6 dapat menghubungi Meta +6282122884430 (Whatsapp) atau email: event.cid6@gmail.com.

Salam Diaspora!

 

 

 

 

 

 

 

berita terkait

PPI Gelar Lomba Tarik Suara Virtual
07 Juli 2021

Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia) pada Sabtu (3/07) menggelar a..

Baca Selengkapnya
Newsletter IDN Global Edisi November 2020
01 Desember 2020

Halo rekan-rekan Diaspora Indonesia di seluruh dunia, 

Kami sa..

Baca Selengkapnya
Kelas Bahasa Indonesia Virtual Untuk Anak-Anak di Kanada
26 Juni 2021

IDN Global bekerjasama dengan Irshad Global dan didukung oleh KBRI Ottawa men..

Baca Selengkapnya