Covid-19 Berpotensi Menyebabkan Demensia

Satgas Covid-19 WNI di Qatar bersama KBRI Doha, IDN (Indonesian Diaspora Network) Global, DWP KBRI Doha, PERMIQA (Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar), ALZI-DOHA (Alzheimer’s Indonesia Chapter Doha-Qatar), PDITT (Perhimpunan Dokter Indonesia Timur Tengah) dan PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Qatar menggelar webinar bertajuk “Gejala Demensia (Lupa, linglung, dan perilaku aneh) Saat & Setelah Infeksi COVID-19” pada Jumat (17/9) secara virtual dengan menghadirkan Dosen dan staf medik FKUI-RSCM-RSUI sekaligus Ketua MKEK (Majelis Kode Etik Kedokteran) Pusat IDI Dr. Pukovisa Prawiroharjo SP. S(K).

Dalam presentasinya Dr. Visa menjelaskan mengenai keterkaitan antara Covid-19 dengan gejala demensia.. Kendati demikian, ia menekankan tidak semua yang terpapar Covid-19 akan mengalami gejala ini, dan belum ada penelitian pasti apakah gejala ini bersifat permanen atau tidak. Dr. Visa menyarankan jika gejala ini muncul maka segera periksakan ke Dokter Spesialis Syaraf.

"Sistem syaraf otak bekerja melalui suplai oksigen yang dipompa melalui paru-paru, sehingga ketika Covid-19 telah mengganggu fungsi paru-paru maka otomatis mengganggu fungsi syaraf otak dan berimplikasi pada penurunan fungsi kognitif berikut gejala demensia," ujar Dr. Pukovisa.

Presiden IDN Global Kartini Sarsilaningsih dalam sambutannya mengatakan webinar ini diharapkan membuka awareness akan dampak Covid-19 yang bisa mempengaruhi hidup manusia, khususnya kerentanan terhadap Alzheimer. Selain itu, IDN Global pun menyambut baik berdirinya PDITT. (IDN Global)

berita terkait

Lomba Peragaan Busana Petani Indonesia di Taiwan
26 Desember 2021

Jelang peringatan Hari Ibu, diaspora di Taiwan merayakan lebih awal yakni pad..

Baca Selengkapnya
Kiat Untuk Bisa Bekerja di Lembaga Internasional
28 Maret 2021

Bekerja di Lembaga Internasional (seperti PBB, UNICEF, WHO dll) merupakan sal..

Baca Selengkapnya
Kontribusi Diaspora Melalui Diaspora Bond
19 Juli 2020

Diaspora Bond rencananya akan diterbitkan pada bulan November 2020 mendatang...

Baca Selengkapnya