Dialog Diaspora Dengan Sandiaga Uno

Rapat kerja bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno bersama Komunitas Diaspora Indonesia digelar pada Sabtu (10/4) melalui virtual meeting. Kegiatan ini difasilitasi oleh Dr. Dino Patti Djalal sebagai Chief Strategic Advisor Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI serta dimoderatori oleh Presiden Indonesian Diaspora Network (IDN) Global Said Zaidansyah.

Dalam rapat kerja ini, Menteri Parekraf RI Sandiago Uno memberikan update mengenai strategi dan kebijakan Pemerintah, mendengarkan masukan dari diaspora Indonesia serta membahas 

potensi kerjasama Pemerintah dan diaspora Indonesia di bidang pariwisata, industri kreatif dan kuliner. Rapat kerja ini juga membahas bagaimana diaspora Indonesia bisa berkontribusi untuk pengembangan pariwisata Indonesia dan ekonomi kreatif yang bisa mendatangkan devisa untuk Indonesia.

Sejumlah diaspora Indonesia mengajukan ide, saran hingga harapan kolaborasi terhadap Kementerian Parekraf. Di antaranya diaspora Sydney Vidi Vinandar yang menyatakan para diaspora di Australia bekerjasama membentuk House of Indonesia (HOI). Selain sektor perdagangan, HOI juga dibentuk untuk menarik investasi berikut turisme ke Indonesia. Ke depannya, HOI akan membuat bangunan untuk memamerkan produk Indonesia. Vidi berharap HOI ini juga turut diadaptasi di negara-negara lain dalam rangka mempromosikan Indonesia.

Berbeda halnya dengan diaspora dari IPEMI (Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia) di Arab Saudi Syahru Banus. Ia mengusulkan agar Kemenparekraf memiliki database desain grafis Indonesia yang terbaik mengingat tingginya minat pembuatan aplikasi di Arab Saudi. Syahru juga berharap adanya database bertalenta di bidang lain agar lebih banyak tercipta kolaborasi dengan diaspora di sektor industri kreatif. Sementara itu, Chief of Advisor Menparekraf RI Dino Patti Djalal 

mengusulkan dibentuknya Komite Kerja Parekraf yang terdiri dari 3 orang pejabat tinggi di Kementerian Parekraf beserta 3 orang perwakilan diaspora Indonesia untuk menampung dan merumuskan ide-ide diaspora yang aksesibel serta dapat diimplementasikan melalui rapat rutin per kwartal.

Rapat kerja yang didukung oleh IDN Global dan FPCI ini diikuti oleh lebih dari 430 peserta, termasuk diaspora Indonesia dari 33 negara yang berkecimpung di bidang pariwisata, ekonomi kreatif dan usaha restoran. Melalui rapat kerja ini diharapkan adanya ketersinambungan dan langkah konkrit antara para diaspora Indonesia dengan pemerintah untuk bersama-sama memajukan Indonesia melalui pariwisata dan ekonomi kreatif. (IDN Global)

 

 

 

 

berita terkait

IDN Global Activities 2019-2021
28 September 2020

Hingga kini kepengurusan Executive Board (Exbo) IDN Global 2019 - 2021 telah<..

Baca Selengkapnya
Newsletter IDN Global Edisi Mei 2020
31 Mei 2020

Halo rekan2 Diaspora Indonesia di seluruh dunia,

Covid-19 dan selur..

Baca Selengkapnya
Tips Karir Sukses di Luar Negeri
19 Juli 2020

Dalam pidato kenegaraannya tahun lalu, Presiden Joko Widodo menegaskan salah ..

Baca Selengkapnya