Diaspora Indonesia Dirikan Pabrik Tempe Pertama di AS

Untuk mempromosikan potensi kerja sama bidang perdagangan, investasi dan pariwisata, Indonesia melalui perwakilannya di Chicago menggelar acara temu bisnis di kota Greensburg, Indiana, AS pada 24 Agustus. Para tamu yang menghadiri acara tersebut antara lain Walikota Greensburg Joshua Marsh dan para pebisnis dari kamar dagang dan industri serta asosiasi pengusaha kedelai, serta asosiasi eksportir yang bernaung di kawasan Midwest AS, seperti dikutip dari laman Kemlu.go.id, Jumat (28/8). Dalam sambutan pembukaannya, Konsul Jenderal RI Chicago Meri Binsar Simorangkir menyampaikan pemerintah Indonesia berkomitmen untuk lebih meningkatkan lagi kerja sama Indonesia dengan Indiana.

"Kerja sama tersebut antara lain dalam hal pengembangbiakan bibit kedelai unggul, peningkatan kerja sama ekspor kedelai, hingga kerja sama teknik berupa program pemagangan bagi pemuda Indonesia untuk belajar pola penanaman, pengelolaan panen hingga cara memproduksi produk-produk berbasis kedelai yang berkualitas," lanjutnya.

Menurut KJRI Chicago, dipilihnya negara bagian Indiana adalah karena merupakan salah satu sentra produksi utama AS di bidang pertanian. Kedelai berkualitas premium, merupakan salah satu produk unggulan dari Indiana yang didukung oleh bibit dan penguasaan teknologi pertanian yang maju. Negara bagian di AS tersebut juga sangat potensial untuk menjadi mitra Indonesia dalam transfer teknologi produksi kedelai, pengembangan kerja sama teknik, berbagi pengalaman dan penerapannya. (Kemlu.go.id)

berita terkait

Dapur Indonesia Untuk Dunia
19 September 2020

Di era globalisasi ini, diplomasi kuliner turut berperan penting dalam memper..

Baca Selengkapnya
Peluang Kerjasama Pendidikan dengan Norton University dan the University of Cambodia
05 Januari 2022

Salah satu manfaat terjalinnya suatu kemitraan dan kerjasama universitas adal..

Baca Selengkapnya
IDN Malaysia Fasilitasi Pemulangan Pekerja Migran
19 Juli 2020

Para pekerja migran tidak berdokumen (ilegal) berjumlah 135 orang dipulangkan..

Baca Selengkapnya