Festival Batik dan Ikat 2021 di Taiwan

Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, Indonesia Diaspora Network (IDN) Taiwan kembali menggelar Festival Batik & Ikat 2021 di Nanmen Park Museum Nasional Taiwan pada Minggu (3/10). Acara ini menampilkan serangkaian kegiatan budaya Indonesia, termasuk tarian dan paduan suara tradisional, serta seni batik. Acara ini juga menampilkan peragaan busana batik.

Project Manager Event Inggrid Chandra mengatakan batik dan budaya tenun ikat merupakan warisan budaya yang diteruskan secara turun temurun. Sehingga untuk menjaga kelestarian budaya tersebut, IDN Taiwan menyelenggarakan festival bertema batik setiap tahun untuk merayakan Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Tanggal 2 Oktober ini diperingati sebagai Hari Batik Nasional usai  UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi kepada Indonesia pada tahun 2009.

“Berawal dari kecintaan yang mendalam terhadap budaya dan tanah air Indonesia, kami selalu berusaha semaksimal mungkin untuk mengapresiasi dan melestarikan budaya batik dan tenun ikat dengan teman-teman internasional kami," kata Chandra.

Perwakilan dari Kantor Ekonomi dan Perdagangan Indonesia (KDEI) di Taipei Budi Santoso dalam pidato pembukaannya mengatakan acara ini sekaligus sebagai momentum untuk memamerkan keindahan batik, terutama dengan masyarakat di luar Indonesia. Dia juga mendorong masyarakat di seluruh dunia untuk memakai pakaian batik, mengingat kain ini sudah mudah untuk didapatkan di seluruh dunia.

“Hari Batik mengingatkan kita bahwa kita memiliki peradaban yang penuh warna. Batik adalah catatan sejarah keindahan,” kata Budi.

Festival Batik yang digelar setiap tahun sejak 2017 ini dihadiri oleh ratusan orang baik masyarakat Indonesia yang berbasis di Taiwan dan warga asing. Berkaitan dengan adanya pembatasan Covid-19 yang diterapkan oleh pihak museum, peserta yang hadir hanya dibatasi 50 orang di dalam ruangan dan 80 orang di luar dengan pembatasan waktu tertentu. (KD/ IDN Taiwan)

berita terkait

Harapan Dan Realita Dwi Kewarganegaraan
10 September 2020

Perhimpunan Rantau Indonesia di UK (PERIUK) kembali menggelar podcast Bincang..

Baca Selengkapnya
Newsletter IDN Global Edisi Januari 2020
31 Januari 2020

Halo rekan2 Diaspora Indonesia di seluruh dunia,

Berikut adalah new..

Baca Selengkapnya
Workshop Potensi Diri Bagi PMI Untuk Meningkatkan Self Awareness
28 April 2022

Bagi Pekerja Migran Indonesia, kesehatan mental menjadi salah satu isu utama ..

Baca Selengkapnya