IDN Australia Donasikan AUD$ 18 Ribu Untuk Korban Bencana di Indonesia

Indonesia Diaspora Network (IDN) Australia menyalurkan bantuan donasi sebesar AUD$ 18.200,00 untuk bencana gempa di Sulawesi Barat, banjir di Kalimantan Selatan, dan beberapa bencana alam lainnya di Indonesia. Kegiatan pengumpulan dana tersebut dimulai pada 18 Januari 2021, dan pada tanggal 25 Januari 2021 jangkauan diperluas untuk mencakup para diaspora di seluruh Australia yang dikoordinasikan oleh para pengurus IDN Australia serta di setiap negara bagian hingga tanggal 15 Februari 2021.

Dana donasi yang terkumpul disalurkan melalui Palang Merah Indonesia pada kantong donasi Bencana Umum dan kantong donasi Bencana Gempa di Sulawesi Barat. Sebagian juga disalurkan melalui program Dompet Donasi Diaspora yang diselenggarakan oleh IDN Global dimana nantinya akan disalurkan secara lansung di sejumlah tempat bencana alam di Indonesia.

  1. Palang Merah Indonesia – Bencana Gempa Sulawesi Barat                        Aus$ 5,890.00
  2. Palang Merah Indonesia – Bencana Umum                                      Aus$ 5,890.00
  3. IDN Global – Dompet Donasi Diaspora                                            Aus$ 6,420.00

Prosesi penyerahan dana tersebut dilakukan IDN Australia di Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Sydney, Australia pada Jumat (5/3) malam. Acara dilaksanakan secara langsung dan virtual dihadiri Sekjen Palang Merah Indonesia Sudirman Said, Duta Besar RI untuk Australia Y. Kristiarto Legowo, Staff Ahli Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri Siti Maulida, Konjen RI di Sydney Heru Subolo dan Presiden IDN Global Said Zaidansyah.

Sekjen PMI Sudirman Said dalam sambutannya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para diaspora Indonesia di Australia dan merasa bahwa PMI menjadi merasa tidak sendiri dan besar hati dalam membantu para korban bencana alam di Indonesia. Ia menambahkan sebelum dari Australia, beberapa pihak juga telah mengirimkan bantuannya termasuk dari Azerbaijan, Amerika, dan juga termasuk Assosiasi Pedagang Ikan Cupang.

“Solidaritas ini menunjukkan adanya kekuatan berupa kebersamaan kita sebagai bangsa termasuk yang tinggal di luar negeri. Baik yang masih berstatus sebagai warga negara Indonesia maupun asing,” ujar Sudirman.

Pernyataan tersebut juga diaminkan oleh Said Zaidansyah selaku Presiden Indonesia Diaspora Network Global serta Staf Ahli Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri, Kemenlu RI yang hadir secara daring dari Jakarta.

“Saya salut dengan bentuk solidaritas sosial yang luar biasa dari IDN Australia. Kami terima dana bantuan sosial ini dengan baik dan akan menyalurkannya kepada pihak yang membutuhkan,” imbuh Said Zaidansyah.

Duta Besar RI untuk Australia, Kristiarto Legowo dari Canberra secara khusus menyampaikan bentuk kecintaan dan kepedulian para diaspora pada tanah air. Menurut Kristiarto, apapun kewarganegaraannya, para diaspora Indonesia bila terbelah dadanya maka akan terlihat nyata 2 hal yaitu “Garuda di dadaku”, dan “Indonesia di hatiku”.   

Dalam acara ini, penghargaan dan apresiasi juga ditujukan kepada panitia pengumpulan donasi yang dikoodinasi oleh H. A Rasyid Noor, diaspora senior yang bertempat tinggal di Sydney. IDN Australia secara khusus juga menyampaikan penghargaan sebesar-besarnya kepada PMI dan Dompet Donasi Diaspora IDN Global yang turut memfasilitasi dalam penyaluran bantuan donasi diaspora ini secara langsung kepada para korban terdampak bencana alam di tanah air.

Berawal dari terjadinya sejumlah bencana alam di tanah air secara beruntun mulai dari gempa bumi di Sulawesi Barat, banjir di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Utara, tanah longsor di kota Sumedang serta letupan gunung Semeru di Jawa Timur; Indonesian Diaspora Network (IDN) chapter New South Wales yang dipimpin oleh Hendra Wijaya memprakarsai pengumpulan dana amal dari para Diaspora di negara bagian NSW yang kemudian menyebar hingga ke seluruh chapter IDN Australia untuk didonasikan kepada para korban bencana alam.

Acara penyerahan donasi IDN Australia ini juga dapat disaksikan secara lengkap melalui laman  https://youtu.be/E5Zfn9dXXxY

 

 

berita terkait

Newsletter IDN Global Edisi Mei 2020
31 Mei 2020

Halo rekan2 Diaspora Indonesia di seluruh dunia,

Covid-19 dan selur..

Baca Selengkapnya
Festival Batik Dan Lurik Di Taiwan
09 Oktober 2020

Ratusan orang berkumpul di Namen Park Museum Taipei pada Minggu (4/10) untuk ..

Baca Selengkapnya
Final Draft Position Paper Dwi Kewarganegaraan
10 Maret 2021

Working Group Imigrasi dan Kewarganegaraan IDN Global menggelar presentasi un..

Baca Selengkapnya