Kiat Untuk Bisa Bekerja di Lembaga Internasional

Bekerja di Lembaga Internasional (seperti PBB, UNICEF, WHO dll) merupakan salah satu impian banyak orang khususnya kalangan anak muda. Selain memiliki range gaji yang tinggi, kandidat yang diterima bekerja juga memiliki peluang untuk ditempatkan bekerja di luar negeri. Kendati demikian, mendapatkan pekerjaan di Lembaga Internasional bukanlah hal yang mudah. Ada sejumlah kriteria berikut pengalaman kerja yang harus dipenuhi agar seorang kendidat bisa diterima.

Melalui  hal tersebut, Indonesian Diaspora Network (IDN) Global menggelar Seminar Diaspora bertajuk “Kiat Untuk Bisa Bekerja di Lembaga Internasional” pada Sabtu, 25 Maret 2021 pukul 19.00-21.00 wib secara virtual melalui aplikasi zoom. Acara ini menghadirkan 3 (tiga) Pembicara yakni Deputi Country Director Asian Development Bank (ADB) Indonesia Said Zaidansyah, Director for Southeast Asia International Rice Research Institute (IRRI) Yurdi Yasmi dan Excecutive Director Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBWCE). Ketiga pembicara ini berbagi pengalaman dan informasi seputar peluang kerja dan hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sekaligus memberikan tips dan trik mulai dari pembuatan CV hingga teknik wawancara yang harus dilakukan agar dapat diterima bekerja di Lembaga Internasional.

Dalam paparannya Said Zaidansyah mengatakan ada beberapa skill yang harus disiapkan para pelamar kerja. Mulai dari keseimbangan IQ dan EQ, mentalitas yang tepat, kemampuan dasar yang seimbang antara keterampilan teknis dan non teknis serta integritas.

“Usia saya baru 29 tahun saat pertama kali bekerja di ADB. Sementara umur rata-rata kolega saya di kisaran 47 tahun dengan banyak pengalaman. Ini tantangan bagi saya untuk terus mengembangkan diri. Harus tangkas. Mental dan pola pikir berkembanG inilah yang membawa saya sampai di titik sekarang,” ujarnya.

Sementara itu, Yurdi menerangkan bahwa mahasiswa yang baru lulus kuliah  belum bisa bekerja di Lembaga Internasional karena kandidat yang dicari adalah yang sudah berpengalaman minimal 3 tahun. Ia menambahkan calon pelamar kerja juga harus mempersiapkan CV yang menonjol serta melamar kerja di bidang yang dikuasai. Saat proses wawancara, Yurdi mengingatkan bahwa calon pelamar harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai kisaran gaji yang sudah ditetapkan oleh Lembaga Internasional yang dilamar.

“Ketika masih berada di bangku kuliah jangan cuma kuliah saja. Mulai rencanakan dimana kita mau berlabuh sesudah kuliah. Misalnya ingin bekerja di Lembaga Internasional di Singapura.  Sedari dini persiapkan pengalaman diri kita untuk mencapainya, “ imbuh Yurdi.

Bagi Maya Juwita hal utama yang harus disiapkan untuk bekerja di Lembaga Internasional adalah kemampuan Bahasa Inggris yang bagus. Selain itu juga melek digital serta mengikuti perkembangan isu yang tengah berlangsung saat ini, khususnya yang terkait dengan Lembaga Internasional yang dilamar.

“Jika semua pelamar terlihat menonjol, ada 3 pertimbangan utama yang dilakukan HRD dalam memilih kandidat utama. Yakni mudah beradaptasi, mampu mencari solusi jika ada masalah, serta berbicara dengan ringkas padat dan tepat saat proses wawancara,” kata Maya.

Seminar Diaspora ini dimoderatori oleh entrepreneur sekaligus diaspora Indonesia di Belanda Monique Patricia. Acara ini diikuti 100 peserta dari berbagai kalangan. Mulai dari professional muda, ibu rumah tangga hingga mahasiswa. Melalui seminar diaspora ini diharapkan para peserta mendapatkan pemahaman baru seputar Lembaga Internasional berikut dapat mengaplikasikan tips dan trik yang telah dibagikan oleh ketiga narasumber. Kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya IDN Global dalam rangka mendukung program kerja pemerintah periode 2019-2024 untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

 

berita terkait

KMILN : Antara Konsep, Implementasi dan Harapan
22 September 2020

Pada tanggal 18 Agustus 2017, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kem..

Baca Selengkapnya
Newsletter IDN Global Edisi September 2020
30 September 2020

Halo rekan2 Diaspora Indonesia di seluruh dunia, 

Kegiatan-keg..

Baca Selengkapnya
IDN Kuwait Sosialisasikan Vaksin Covid-19
14 Februari 2021

Forum Diaspora Indonesia Kuwait (FDIK) dan Persatuan Perawat Indonesia (PPNI)..

Baca Selengkapnya