Promosi Indonesia di Coyoacan, Mexico City

Untuk menutup program akhir tahun 2021, IDN Chapter Mexico didukung KBRI Mexico City mengadakan serangkaian acara kebudayaan Indonesia di Coyoacan, Mexico City. Kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari (17-19 Desember 2021), bekerja sama dengan pemerintah wilayah Alcaldia Coyoacan, Mexico City. Oleh karena diadakan di Casa de cultura Jesus Reyes Heroles, sebuah rumah budaya yang terletak di Alcaldia Coyoacan, kegiatan promosi budaya kali ini diberi nama “Indonesia en Coyoacan” (‘Indonesia di Coyoacan’).

Rumah budaya Jesus Reyes Heroles merupakan salah satu pusat kegiatan kebudayaan terpenting, bukan hanya di wilayah Coyoacan, melainkan juga di Mexico City. Sementara itu, Coyoacan sendiri sudah lama menjadi pusat kegiatan kebudayaan dan wisata di seluruh Mexico City. Sebagai catatan tambahan, pada beberapa dekade yang lalu KBRI Mexico City pernah menyelenggarakan kegiatan promosi kebudayaan di tempat yang sama sehingga nama Indonesia sudah tercantum dalam catatan sejarah rumah budaya tersebut.

Ketua IDN Chapter Mexico Eni Sulistyaningsih mengungkapkan sebagai diaspora harus berperan aktif memperkenalkan budaya dan produk Indonesia kepada masyarakat Meksiko.

 

"Kita berada pada segmen people to people. Warga Meksiko cukup mengenal dan menyukai batik. Mereka juga suka kuliner Indonesia seperti sate, mie goreng, dan bubur mutiara. Bagi warga Meksiko, dua minggu menjelang natal adalah waktu untuk membeli hadiah dan berkumpul dengan teman dan keluarga untuk makan bersama. Kesempatan ini dipergunakan IDN Mexico untuk promosi budaya Indonesia sekaligus berkontak dengan masyarakat setempat," imbuhnya.

Acara promosi kuliner dan produk kerajinan Indonesia yang digelar selama tiga hari ini dibuka oleh Duta Besar Cheppy T. Wartono dan Direktur Kebudayaan Alcaldía Coyoacán. Pada acara pembukaan (juga pada hari kedua) ditampilkan tarian dari Bali dan Sumatera Utara, serta demonstrasi pencak silat; sedangkan pada hari ketiga ditampilkan tarian Gemu Famire dari Maumere. (ES)

berita terkait

Perjuangan Marathon Kewarganegaraan Ganda, Menyerah atau Maju
29 Desember 2021

Upaya untuk menyuarakan DK sudah dilakukan oleh IDN Global sejak awal berdiri..

Baca Selengkapnya
Peluncuran Global Halal Hub Untuk Ekspor UMKM
31 Januari 2022

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meluncurkan Global Halal Hub (GHH) un..

Baca Selengkapnya
Edukasi Tentang Vaksin Covid-19 di Kuwait
04 Maret 2021

Forum Diaspora Indonesia Kuwait (FDIK) dan Persatuan Perawat Indonesia (PPNI)..

Baca Selengkapnya