top of page

IDN NSW Gelar Donor Darah Untuk Rayakan Kemerdekaan

Sekitar 40 orang Diaspora Indonesia di Sydney berkumpul dalam acara "Aksi Solidaritas Diaspora" di Lifeblood Center di Town Hall Sydney pada Sabtu (10/8). Kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari peringatan HUT RI ke-79 dan juga merayakan 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Australia. 


Kegiatan donor darah ini diselenggarakan IDN NSW Australia sebagai wujud peran aktif Diaspora Indonesia dalam komunitas global untuk tujuan perdamaian, kesejahteraan dan kemanusiaan. Selain itu, juga untuk meningkatkan visibilitas dan pemberdayaan komunitas Indonesia di lingkungan masyarakat Australia yang multi-kultural. 


Presiden IDN NSW Salut Muhidin melaporkan acara ini bukan yang pertama kali dilakukan. Aksi Solidaritas ini sudah dilaksanakan pada tahun 2022 bersamaan dengan peringatan Hari Pahlawan di bulan November. Hanya saja di 2023 lalu, kegiatan ini sempat tertunda karena masalah teknis dan koordinasi, namun akhirnya dapat dilanjutkan kembali pada tahun ini. Program ini direncanakan akan dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya untuk terus mendukung kebutuhan donor darah dan mempererat hubungan komunitas diaspora dengan masyarakat lokal.


Acara donor darah ini mendapatkan dukungan penuh dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Sydney serta komunitas diaspora Indonesia. Hadir saat itu juga Konjen RI di Sydney, Vedi Kurnia Buana bersama staff jajajaran KJRI. Beliau memberikan appresiasi atas inisiatif ini dan juga menekankan pentingnya kontribusi warga serta diaspora Indonesia terhadap misi kemanusiaan, khususnya dalam memenuhi kebutuhan darah di Australia.


Pihak Red Cross Australia diwakili oleh Mrs. Leslie secara formal memberikan sertifikat penghargaan kepada IDN NSW dan KJRI Sydney atas inisiatif mereka. Pihak RedCross mengucapkan selamat kepada masyarakat dan Diaspora Indonesia dan juga menegaskan bahwa kegiatan ini sangat penting artinya mengingat kebutuhan darah di Australia yang terus tinggi. Saat ini, Australia membutuhkan sekitar 30.000 kantong darah per minggu untuk memenuhi permintaan rumah sakit dan pusat kesehatan. (SM/ IDN NSW)



0 views0 comments

Comments


bottom of page