top of page

Kemeriahan Perayaan HUT RI oleh Diaspora Indonesia di Berbagai Negara

Perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus juga turut dirayakan Diaspora Indonesia dari berbagai negara. Termasuk di antaranya adalah di Negeri Maple Leaf, Kanada. Sebagai bagian dari perayaan HUT RI, komunitas Indonesia di Kanada melalui Presiden Indonesian Diaspora Network Canada Chapter (IDN-C) Tunggul Tobing mengajukan proposal untuk menetapkan bulan Agustus sebagai "Indonesian Heritage Month" di Provinsi Ontario dan seluruh Kanada.


“Menetapkan Agustus sebagai Indonesian Heritage Month tidak hanya akan menghormati kontribusi warga Kanada keturunan Indonesia tetapi juga menciptakan platform untuk keterlibatan yang lebih dalam dengan budaya Indonesia. Inisiatif ini akan memupuk pemahaman dan apresiasi yang lebih besar di antara semua orang Kanada, mencerminkan nilai-nilai multikultural yang mendefinisikan masyarakat kita", ujar Tunggul. 


Sejumlah kota di Kanada seperti Toronto, Vancouver, Ottawa, dan Calgary juga turut menjadi panggung perayaan  HUT RI  yang  meriah. Bendera merah putih berkibar di sejumlah tempat mulai dari gedung parlemen hingga City Hall (Balai Kota) di beberapa kota besar. Berbagai lomba seperti makan kerupuk, tenis meja, tarik tambang, dan sepeda sehat turut menjadi ajang hiburan. Pameran foto karya Diaspora Indonesia yang ditampilkan di Balai Kota Toronto juga kian menambah semarak suasana perayaan ini.


Upacara bendera resmi juga diadakan di kantor perwakilan Indonesia di Ottawa, Toronto, dan Vancouver. Duta Besar Indonesia, Daniel Tumpal Simanjuntak, Konsul Jenderal Dyah Asmarani di Toronto, dan Konsul Jenderal Hendra Halim di Vancouver memimpin upacara ini, yang dihadiri oleh Diaspora Indonesia dan tamu undangan. Federal Minister for Small Business Canada Rechie Valdez, dan anggota DPR Provinsi Ontario Deepak Anand, menghadiri dan memberikan kata sambutan dalam upacara bendera di City Hall Mississauga.


Meskipun berada jauh dari tanah air, semangat peringatan HUT ke-79 RI tetap membakar hati masyarakat Indonesia di Kuwait. Upacara peringatan digelar dengan khidmat di Aula KBRI Kuwait City yang dipimpin oleh Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kuwait Lena Maryana Mukti. Upacara dihadiri lebih kurang 100 orang termasuk staf KBRI Kuwait City, Anggota Dharma Wanita Persatuan, Diaspora Indonesia dan perwakilan masyarakat Indonesia di Kuwait. Peserta datang dengan mengenakan baju adat daerah. Usai upacara, acara kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah antar Diaspora Indonesia di Kuwait. 


Selain upacara bendera, masyarakat Indonesia dan Diaspora Indonesia di Kuwait juga menikmati ‘Pesta Rakyat’ yang telah dilaksanakan sebelum peringatan 17 agustus yaitu dilaksanakan tanggal 9 Agustus 2024 pukul 09.00 pagi waktu Kuwait  sampai  pukul  17. 00 waktu Kuwait. Acara Pesta Rakyat pada saat itu menyajikan perlombaan-perlombaan, kuis berhadiah dan bazar kuliner khas Nusantara. Acara ini diikuti oleh lebih dari 1000 WNI dan Diaspora Indonesia yang memadati lokasi. 


Pelaksanaan upacara kemerdekaan juga dilakukan KBRI Manama dengan dipimpin oleh Duta Besar Indonesia untuk Bahrain Ardi Hermawan. Usai upacara, Diaspora Indonesia yang tergabung dalam IDN Bahrain bersama dengan Dharma Wanita Persatuan menyelenggarakan sejumlah perlombaan permainan tradisional. Di antaranya lomba makan kerupuk, lomba balap sendok dan kelereng, joget balon, lomba memasang dasi, lomba make up dengan  mata  tertutup  dan tarik tambang. Bertempat di aula olahraga Bahrain Club, kegiatan perlombaan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Pinehill Arabia Food Ltd dan berlangsung meriah dengan diikuti oleh masyarakat Indonesia yang ada di Bahrain.


Tidak kalah meriahnya, perayaan Hari Kemerdekaan di Negeri Paman Sam juga berlangsung dalam berbagai kegiatan. Di antaranya dengan menyalakan cahaya lampu merah putih di jantung kota Los Angeles, California. Untuk pertama kalinya, Balaikota Los Angeles berwarna merah putih. Cahaya lampu merah putih yang melambangkan warna bendera Indonesia di Los Angeles City Hall itu menyala untuk satu malam saja hingga dini hari waktu setempat atas kesepakatan KJRI Los Angeles dan pihak Dewan Kota Los Angeles.


Suasana khidmat dan penuh semangat pun berlangsung pada saat pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih di  KJRI San Francisco yang dihadiri ratusan Diaspora Indonesia. Acara pun kian meriah dengan disajikan hidangan khas Nusantara dan penampilan budaya dari Komunitas Cinta Berkain. Semarak acara kemerdekaan RI di Austin, Texas juga berlangsung meriah dengan hadirnya Rumah Budaya Indonesia (RBI) yang menyajikan parade batik dan busana adat, bazaar makanan serta beragam lomba.


Sementara itu, Diaspora Indonesia dan mahasiswa di Rusia menyatakan rasa syukur karena bisa merayakan acara 17 Agustus di Rusia. Tentu acara ini tidak akan terlaksana tanpa bantuan dari pemerintah wilayah kota St Petersburg, panitia yang terdiri dari para mahasiswa serta dukungan dari Diaspora Indonesia. Seperti halnya di negara lainnya, usai upacara kemudian diadakan beragam lomba seperti estafet kelereng, makan kerupuk, balap karung, memasukan paku ke dalam botol  dan lainnya. Selain itu juga ditampilkan sejumlah tarian daerah seperti Tari Kipas, Tari Ratoh Jaroe, dan penampilan lainnya. (TT/SO/AA/AS/ IDN Global)



4 views0 comments

コメント


bottom of page